Jugainfo.blogspot.com – Anda pernah mengalami bootloop yang terjadi pada smartphone anda ? Anda bingung cara mengatasinya yang terjadi secara tiba-tiba pada smartphone kesayangan anda ? Dan khawatir jika membawa ke tukang service akan memakan biaya yang mahal ?

Jangan khwatir apalagi panik, karena pada postingan saya kali ini saya akan membagikan Tutorial untuk anda yang mengalami Bootloop, Crashes, Hang dan Aplikasi launcher atau apapun itu tiba-tiba terhenti yang membuat smartphone kesayangan anda tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Sebelum anda melakukan cara ini, anda harus menerima segala resiko yang pasti terjadi berikut ini :

  • Anda akan kehilangan data-data di penyimpanan Internal anda seperti video, music, dokumen, foto, kontak dan aplikasi-aplikasi yang terinstal di smartphone anda.
  • Anda tidak akan kehilangan data apapun selama data itu berada di Memory SD (SD Card) dan SIM.

Berikut cara mudah atasi bootloop pada smartphne android :

  • Matikan terlebih dahulu smartphone android anda
  • Setelah smartphone anda benar-benar dalam keadaan mati tekan Tombol POWER + UP, untuk smartphone android Samsung Tekan Tombol POWER + HOME + UP
  • Anda akan masuk kedalam menu RECOVERY yang gambar kurang lebih seperti ini.

  • Pilih Wipe data/factory reset dengan menekan tombol Power, Up, atau Down tergantung dari smartphone anda.
  • Pilih Yes — Delete All User Data
  • Dan tunggu proses sampai selesai, jika berhasil maka anda akan dibawa kembali kemenu utama Recovery dan pilihlah Reboot System Now untuk menghidupkan kembali smartphone anda
  • Tunggu Proses Booting yang akan memakan waktu sedikit lebih lama dari biasanya dikarenakan smartphone memulai proses semua system seperti semula.
  • Dan smartphone anda akan hidup dan menu akan kembali seperti pertama kali anda membelinya.
    Peringatan : Jika smartphone anda tetap bootloop, atau tidak kembali seperti menu awal pembelian jangan beranggapan bahwa smartphone anda rusak, coba anda melakukan flashing terlebih dahulu,

    jika tetap seperti itu maka IC EMMC smartphone anda rusak dan tidak dapat diperbaiki dikarenakan anda sering mengabaikan peringatan Memori internal hampir penuh, menginstal terlalu banyak aplikasi yang menyebabkan Crashes dan hang apalagi sampai membuat aplikasi system tiba-tiba terhenti sendiri.

    Jika Artikel dan postingan saya kali ini bermanfaat untuk anda jangan lupa Share dan Subcribe.
    Terimakasih,

    Source link

    Cara Mudah Atasi Bootloop Pada Smartphone Android

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *