Deep Web

Peringatan! : Sebelum memulai ada baiknya ane wanti-wanti dulu. Ane tau beberapa dari agan berada di sini karena penasaran sama yang namanya Deep Web dan Dark Web. Rasa penasaran agan ini akan berakit buruk, jika agan gak bijak menyikapinya. Hati-hati dengan apa yang agan lakukan. Ingat jika dunia maya itu gak pernah aman dan berbahaya. You have been warned.

Apa itu Deep Web

Deep web adalah tempat dimana semua konten web tersembunyi berada. Mereka tidak dapat dicari dan diakses oleh search engine biasa seperti google, bing, atau yahoo.

Deep Web memiliki informasi 90% lebih banyak dari Surface Web, yaitu tempat dimana kita mengakses situs yang biasa kita kunjungi. Deep Web dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan rahasia-rahasia penting. Kebanyakan isi Deep Web adalah situs yang berisi data-data dari jaringan intranet suatu perusahaan yang tidak bisa orang lain lihat dan sisanya adalah situs yang tidak terindex oleh mesin pencari.

Misalnya, pada Gmail semua percakapan kita melalui email berada di Deep Web karena email tersebut tidak terindex oleh mesin pencari. Atau contohnya juga pada online banking, semua pin dan informasi pribadi agan tersimpan dalam jaringan lokal perusahaan yang mana berada dalam Deep Web.

Jadi agan jangan berprasangka buruk dulu kalau 90% isi dari Deep Web itu buruk semua. Karena mayoritas isinya adalah konten-konten yang gak perlu dilihat secara publik, seperti identitas pribadi agan atau isi obrolan LINE sama gebetan.

Lalu bagaimana dengan situs-situs kejahatan nan illegal seperti yang orang-orang bilang?

Itu beda lagi gan kategorinya. Yang kebanyakan diomongin orang itu adalah Dark Web atau Dark Net.

Apa itu Dark Web

Banyak orang yang menyalahartikan jika Deep Web = Dark Web. Padahal keduanya jelas berbeda. Dark Web merupakan bagian dari Deep Web. Tepatnya bagian kecil dari luasnya Deep Web.

Dari namanya aja kita udah bisa tahu kalau web ini gelap, jahat, dan suram. Isi web ini berhubungan dengan kriminalitas dan konten-konten illegal. Makanya kalau agan mau mengunjungi Dark Net harus hati-hati, karena bisa saja agan yang jadi sasaran kejahatan orang-orang tak bertanggung jawab.

Dark Web ini gak bisa dicari dan diakses pake mesin pencari biasa. Hampir semua situs di dark web ini berdomain .onion. Kebanyakan orang memakai mesin pencari khusus yang membuat mereka bisa mengakses .onion ini.

Ada apa dalam Dark Web ?

Semua orang yang berada di Dark Web merupakan anonim atau tidak diketahui identitas aslinya. Anonimitas tersebut kebanyakan digunakan oleh kriminal-kriminal untuk melakukan tindakan illegal.

Contohnya :

  • Perdagangan narkoba
  • Perdagangan senjata
  • Jasa pembunuh bayaran
  • Konten sex dibawah umur
  • Data riset illegal
  • Video-video yang disturbing (snuff films)

Namun semua hal di atas bisa agan temukan jika agan beruntung. Loh kok?

Ya, karena di Dark Web itu sekarang isinya cuma fake sites yang bertujuan untuk mencuri identitas agan atau untuk menyebar virus ke computer agan.

Agan bakal menghabiskan waktu di Dark Web dengan mengklik link yang fake atau udah ditutup. Semenjak Silk Road (situs Dark Net tempat jual beli hal illegal yang paling terkenal) ditutup, udah jarang yang membuat situs untuk melakukan transaksi illegal, meskipun akhirnya Silk Road adalagi menjadi Silk Road 2.0.

Jadi, udah sulit menemukan real Dark Sites, yang ada hanya clickbait yang isinya scam semua.

Bagaimana cara mengaksesnya?

Keamanan adalah hal utama yang harus diperhatikan ketika agan ingin mengakses Dark Web. Untuk mengakses Dark Web, agan tidak bisa menggunakan browser seperti Chrome atau Firefox. Agan harus memakai browser khusus untuk melindungi agan.

Keamanan berlapis-lapis yang ditawarkan oleh browser ini membuat semua informasi agan termasuk lokasi dan identitas tak akan terdeteksi atau teridentifikasi.

Salah satu browser khusus tersebut adalah Tor (The Onion Router) Browser. Agan bisa mendownloadnya di sini http://www.torproject.org/. Selain Tor, ada juga browser lain kayak I2P dan Freenet.

Tampilan Tor Browser gak jauh berbeda dari Mozilla Firefox, karena dibuat berdasarkan kode yang sama.

Sebelum memulai, agan harus mengkonfigurasi keamanan Tor Browser menjadi tingkat tertinggi. Meskipun efeknya membuat browsing menjadi lama, settingan keamanan paling tinggi ini gak bakal buat agan was-was ketika ada di Dark Web. Semakin rendah tingkat keamanannya, semakin banyak juga pop-up peringatan muncul ketika agan mengunjungi suatu situs.

Selain itu agan juga bisa buat fake IP address biar IP agan sebenarnya gak ketahuan. Jika mau lebih aman, sebaiknya jaringan agan terkoneksi dengan VPN atau Proxy biar keamanannya makin berlapis.

Legalkah mengakses Dark Web?

Jawabannya adalah, YA.

Agan sah-sah saja untuk masuk ke dalam Dark Web atau Dark Net ini. Selama agan tidak melakukan hal-hal illegal tentunya, kayak jual beli narkoba, senjata, orang, dan lain-lain.

Tips agar lebih aman dalam Deep Web

  • Jangan download apapun. Meskipun itu hanya file sekecil .txt.
  • Atur settingan keamanan Tor ke maksimum.
  • Jangan sekali-kali memasukkan identitas pribadi seperti kartu kredit dan email.
  • Jangan memasukkan username atau password dengan yang agan biasa pakai di Surface Web. Jika ingin membuat username, buatlah username yang sekali pakai.
  • Jangan melakukan transaksi apapun dalam Deep Web.
  • Kalau bisa jangan pake PC dan jaringan sendiri. PC warnet misalnya.
  • Jangan berkomunikasi dengan siapapun, apalagi secara real-time. Kalaupun terpaksa sebaiknya agan pake PGP (Pretty Good Privacy) untuk berkirim pesan.
  • Pakai jaringan VPN atau Proxy.
  • Jangan terpancing clickbait.
  • Selalu perhatikan traffic internet agan.
  • Jauhi situs-situs illegal seperti situs pembunuh bayaran, porn dibawah umur, dan situs illegal lainnya.
  • Kendalikan rasa penasaran agan.
Nah, itulah hal-hal seputar Deep Web dan Dark Web yang harus agan ketahui. Jadi bisa bedain kan sekarang?

Kalau bisa agan jangan sampai mengunjungi Dark Web. Lagipula di Dark Web palingan agan cuma nemuin situs-situs palsu penyebar Trojan dan Ransomware. Keuntungan mengunjungi Dark Web Cuma satu, yaitu mengobati rasa penasaran.

Intinya, agan gak usah paranoid sama Deep Web ini, karena semua isinya gak 100% buruk seperti yang orang bilang. Yang musti agan perhatikan adalah ketika agan mengunjungi Dark Web di mana konten-konten buruk dan aktivitas illegal berada.

Akhir kata, selalu ingat agar mengendalikan rasa penasaran agan dan tetap berhati-hati dalam mengeksplorasi Deep Web. That’s the key.

Semoga bermanfaat dan mohon maaf kalau ada kesalahan. See ya!

Referensi : Meretas

Source link

Deep Web dan Dark Web : Tak Kenal, Maka Tak Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *